Rabu, 22 Maret 2017

Mengenal Pengertian dan Fungsi Processor komputer

Processor/ Prosesor merupakan bagian/ perangkat utama dari rangkaian komputer, tanpa processor komputer tidak akan bisa dioperasikan dan tidak bisa dijalankan dikarenakan processor adalah otak dari komputer tersebut. Berikut kali ini akan kami bahas tentang processor supaya kalian bisa Mengenal Pengertian dan Fungsi processor komputer.

Pengertian Processor/ Prosesor Komputer

Pada umumnya processor sering disebut juga dengan otak komputer, processor adalah sebuah IC (Integrated Circuit) yang mengatur semua jalannya sistem dalam sebuah komputer dan digunakan sebagai otak atau pusat yang berfungsi untuk menjalankan tugas dan melakukan perhitungan.

Pengertian dan Fungsi Processor komputer

Processor juga dikenal dengan sebutan Microprocessor. Processor mempunyai 3 bagian penting :

  • Aritcmatics Logical Unit / ALU : Berfungsi untuk melakukan semua perhitungan aritmatika (matematika) yang terjadi pada komputer sesuai dengan perintah program. 
  • Memory Unit / MU : Berfungsi sebagai alat penyimpanan kecil namun mempunyai kecepaten akses yang lumayan tinggi. 
  • Control Unit / CU : Berfungsi mengatur lalulintas data input dan output.
Seperti yang sudah dijelaskan pada artikel sebelumnya Bagian - bagian pada Komputer bahwa processor terletak pada motherboard. Processor memiliki berbagai jenis soket atau wadah. Jadi, saat kita memilih motherboard kita harus menyesuaikan jenis soket dari processor yang akan digunakan. Selain itu nilai TDP ( Thermal Design Power ) processor juga harus sesuai dengan motherboardnya.

Fungsi Processor/ Prosesor Komputer

Fungsi processor tak lain adalah untuk memproses data yang masuk melalui input (perangkat masukan) yang selanjutnya diproses oleh processor kemudian akan menghasilkan keluaran/ hasil berupa output.
Processor tidak bisa bekerja sendiri melainkan memerlukan bantuan dan dukungan dari komponen komputer lain terutama RAM dan Harddisk. Cepat atau lambat pemrosesan data bergantung pada kecepatan processor tersebut.

Sekarang ini processor tercepat yang beredar dipasaran kecepatannya sudah mencapai 4 Gigahertz (Ghz) yang artinya bisa membaca 4000 milyar perintah sekaligus dalam sekali pengerjaannya. Angka tersebut termasuk angka yang fantastis mengingat saat ini perkembangan teknologi di dunia sudah semakin maju.

Ada dua perusahaan terkenal yang terus bersaing dalam memproduksi processor yaitu Intel dan AMD. Produk Dari kedua perusahaan inilah yang paling banyak beredar di pasaran. Ada yang bilang processor buatan intel merupakan yang terbaik karena ketahanan untuk dipakai yang bisa sampai berjam-jam bahkan sampai berhari-hari. Namun, AMD juga tidak mau kalah dengan terus memproduksi Processor yang handal. Dalam hal ini biasanya AMD banyak disukai para gamer dikarenakan performanya dalam memproses grafik.
Mungkin cukup sekian artikel tentang Mengenal Pengertian processor komputer dan Fungsinya Semoga pembahasan diatas bisa dimengerti dan yang terpenting bisa bermanfaat. Saya ucapkan terimakasih sudah membaca artikel dan berkunjung di blog ini.

8 komentar

  1. Wah begitu ya gan, thx gan sangat membantu ane

    BalasHapus
  2. tambah pengetahuan tentang IT
    mantep banyak wawasannya

    BalasHapus
  3. wah jadi pengen ngoprek cpunih kalo kayak gini gan,

    BalasHapus
  4. lumayan mengerti sedikit tentang IT

    BalasHapus
  5. baru kmren ane ngrakit komputer gan

    BalasHapus
  6. enaknya punya PC itu bisa dipakai buat eksperimen...thanks infonya gan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat bereksperimen :p semoga berhasil ya eksperimennya

      Hapus

Berkomentarlah yang Relevan/ Sesuai dengan Topik yang Dibahas, Terimakasih.
EmoticonEmoticon