Selasa, 21 Maret 2017

Bagian - bagian pada Komputer

Beberapa dari kalian pasti ada yang ingin bisa menggunakan komputer. Mungkin beberapa dari kalian ada yang berpikir bahwa belajar komputer itu sulit. Padahal cara untuk menggunakan komputer tidaklah sulit. Cukup kita sering belajar menggunakan komputer, nantinya juga akan terbiasa. 

Nah, sebelum kalian belajar mengoprasikan komputer, alangkah baiknya jika kita terlebih dahulu mengetahui tentang bagian-bagian pada komputer. Berikut kali ini akan dibahas mengenai bagian-bagian komputer yang harus diketahui. Pada umumnya, bagian komputer dibagi menjadi tiga, yaitu Input, Processor, dan Output.

Bagian-bagian pada Komputer :

Bagian - bagian pada Komputer

1. Perangkat Input ( Masukan ) Perangkat input merupakan perangkat yang berfungsi untuk       memasukan perintah kedalam komputer. Contoh perangkat input adalah :

  • Keyboard : keyboard merupakan salah satu perangkat input yaitu berfungsi memasukan perintah berupa sebuah karakter seperti huruf, angka dan simbol kedalam komputer. 
  • Mouse : mouse berfungsi untuk memberikan masukan berupa perintah pada program komputer. Saat kita menggerakan mouse, biasanya ada sebuah panah kecil yang ada di layar komputer panah ini disebut juga dengan Cursor.
  • Scanner : Fungsi scanner adalah untuk menyalin tulisan maupun gambar ke dalam data digital yang ada di dalam komputer.
2. Processor ( Perangkat Pemroses) Processor atau perangkat untuk memproses semua perintah dari perangkat input ( masukan ) yang kemudian akan diteruskan ke perangkat output ( keluaran ) untuk     dijadikan data atau apapun yang bisa ditampilkan di monitor, speaker, dan perangkat output lainnya. Contoh Processor bisa kalian lihat di bawah ini :

  • Central Processing Unit ( CPU ) : Central Processing Unit atau yang kita kenal dengan CPU merupakan inti atau dari komputer untuk mengolah data-data dari berbagai parintah yang telah diberikan melalui perangkat input ( masukan ), ada beberapa komponen yang terpasang didalam CPU dan komponen-komponen tersebut mempunyai tugas masing – masing. Berikut komponen-komponen yang ada didalam CPU :
Motherboard : motherboard atau dalam bahasa indonesia disebut papan induk merupakan salah satu elemen dasar untuk sebuah komputer. Motherboard merupakan sebuah papan/tempat yang digunakan untuk menempatkan berbagai macam komponen penting komputer seperti processor dan lain-lain.

RAM ( Random Acces Memory ) : RAM berfungsi untuk menyimpan data sementara saat komputer dalam keadaan menyala. Jika komputer dimatikan, data pada RAM akan hilang dikarenakan sifat RAM yang fungsinya hanya untuk menyimpan data sementara. Kapasitas RAM mempengaruhi kecepatan komputer. Kapasitas RAM yang besar akan membuat kinerja komputer menjadi lebih cepat.

ROM ( Read Only Memory ) : ROM berfungsi sebagai media untuk menyimpan data secara permanen. Jadi, apabila data telah tersimpan pada ROM komputer, maka tidak akan hilang walaupun komputer dimatikan.

VGA ( Video Graphic Array ) : Fungsi VGA Card adalah untuk menerjemahkan atau mengubah sinyal digital dari komputer menjadi tampilan grafis pada layar monitor. Kartu VGA berguna untuk menerjemahkan output komputer ke monitor. Untuk menggambar atau desainn grafik danjuga untuk bermain game.

Processor : merupakan otak komputer yang bertugas untuk memproses,mengendalikan dan mengatur semua data didalam komputer.

Harddisk : Harddisk merupakan sebuah perangkat komputer yang fungsinya mirip seperti ROM yaitu  sebagai media penyimpanan data secara permanen di sebuah komputer.

CD – ROM / DVD – ROM : Berfungsi untuk membaca data yang terdapat pada kepingan CD – R/ DVD – R.

3. Perangkat Output ( Keluaran ) Perangkat yang berfungsi untuk menampilkan hasil data perintah         yang telah dimasukan melalui input yang kemudian diproses di processor dan ditampilkan oleh           perangkat output. Berikut beberapa perangkat output.

  • Monitor : Monitor atau layar komputer berfungsi untuk menampilkan/ mengeluarkan data berbentuk gambar. 
  • Printer : Perangkat output yang berfungsi untuk mencetak data berupa gambar maupun tulisan kedalam selembar kertas. 
  • Speaker : Berfungsi untuk mengeluarkan data berupa suara yang sebelumnya diolah terlebih dahulu melalui kartu suara ( sound card ).
Demikian artikel mengenai Bagian – bagian pada komputer. Sebenarnya masih ada beberapa perangkat komputer yang bisa kita pelajari. Namun, setidaknya kita telah mempelajari beberapa bagian komputer. Sedikit tetapi bermanfaat hehe. Terimakasih telah membaca.

6 komentar

  1. wah lengkap artikelnya pas buat belajar adik
    ijin bookmark

    BalasHapus
  2. jadi inget lagi pelajaran TIK. input- processing - output. btw CPU itu ada 3 komponen utamanya lho gan,

    BalasHapus
  3. wah makasih mas sekarang saya jadi mengerti apa itu fungsi nya.

    BalasHapus
  4. Makasih gan atas ilmunya.. sangat bermanfaat untuk ane

    BalasHapus

Berkomentarlah yang Relevan/ Sesuai dengan Topik yang Dibahas, Terimakasih.
EmoticonEmoticon