Selasa, 01 Agustus 2017

Mengenal Fitur dan Manfat Linkedin

Setelah sebelumnya kita telah membahas sebuah tutorial Cara daftar akun linkedin, Kali ini kita akan sedikit belajar dan mengenal Fitur dari Manfaat Linkedin itu sendiri. Nah, Linkedin sekarang ini dikenal  dengan jejaring sosial yang bersifat professional. Maksud profesional disini adalah karena linkedin sendiri merupakan jejaring sosial yang lebih diperuntukkan untuk orang yang sudah bekerja/sedang mencari kerja. Disini, akan banyak ditemui ide-ide dan konsep tentang dunia kerja, peluang bisnis, lowongan kerja yang mengiurkan, dan masih banyak lagi.

Mengenal Fitur dan Manfat Linkedin

Untuk itu sebelum kita menggunakan Linkedin, alanghkah baiknya kita untuk mengetahui terlebih dahulu fitur-fitur yang terdapat di linkedin agar nantinya kita bisa memanfaatkannya dengan tepat dan benar. Berikut beberapa fitur menarik yang ada pada Linkedin :

1. Fitur - Fitur Linkedin

1. PROFILE

Mengenal Fitur dan Manfat Linkedin

Sudah menjadi hal wajib bagi situs jejaring sosial untuk memiliki fitur ini. Profil adalah tempat para pengguna linkedin untuk pengenal atau bagi yang terjun ke dunia kerja, profil ini berfungsi untuk mempromosikan jati diri, asal universitas ( bagi yang masih mahasiswa ), kemampuan yang dimiliki, pengalaman pribadi,dll. Jadi, isilah profil linkedin kamu dengan benar dan jelas ya. 

2. CONTACT

Selanjutnya adalah fitur kontak. Sopasti kalian sudah tau lah, dengan fungsi fitur ini kalian dapat berinteraksi dengan orang lain dan menambah banyak teman baik dari dalam negri maupun dengan orang bule lho. 

3. GROUP

Dengan fitur grup ini, memungkinkan kalian yang memiliki latar belakang/kemampuan yang sama dapat terhubung bersama dalam satu grup. Di dalam Group sendiri terbagi menjadi 4 menu : Your Group ( Grup yang kalian ikuti ), Groups May You Like ( Rekomendasi Grup dari Linkedin yang mungkin kalian minati ), Group Directory ( Jika kalian ingin mencari grup sendiri ), dan Create Group ( Jika kalian ingin membuat grup sendiri ).

4. JOBS

Ini adalah salah satu fitur spesial dan penting di linkedin. Fitur ini berguna untuk membantu kalian yang sedang mencari lowongan pekerjaan. Cukup ketik jenis pekerjaan yang akan kalian cari, nantinya linkedin akan menampilkan beberapa pekerjaan yang mungkin kalian minati. Jika kalian masih belum menemukan jobs yang diinginkan pada kolom Jobs Home, cobalah cari pada kolom Advanced Search.

5. NEWS

Mengenal Fitur dan Manfat Linkedin

Fitur News menyediakan informasi aktual seputar linkedin kepada para penggunanya. Fitur ini juga kadangkala menyediakan informasi seputar pekerjaan yang mungkin kalian minati.

6. INBOX

Mengenal Fitur dan Manfat Linkedin

Perlu kalian ketahui, di linkedin memiliki sistem email tersendiri. Disini kalian para pengguna linkedin dapat bertukar pesan melalui alamat email tersebut. Dan, jika ada orang lain yang menginvit kalian untuk berteman dengannya, nantinya secara otomatis akan masuk fitur ini pada menu Invitations.

7. COMPANIES

Fitur ini menampilkan berbagai macam akun perusahaan yang dapat kalian ikuti untuk mendapat informasi terbaru dari mereka. Kalian juga dapat mencari informasi tentang peluang bisnis, pembukaan pekerjaan, dll. Selain itu, kalian juga kalian bisa melihat siapa yang berhenti, bergabung, maupun yang dipromosikan pada perusahaan kalian ikuti.

2. Manfaat Menggunakan Linkedin

1. Mengenal orang professional yang lain melalui jejaring sosial ini.

2. Mendapat  banyak informasi seputar dunia pekerjaan.

3. Mengenal sesuatu yang baru, seperti profesi seseorang, dan keberadaan sebuah perusahaan.

4. Membantu upaya optimasi mesin pencari. Jika kalian mempunyai website, kalian bisa memasang link pada halaman profil, ini dapat meningkatkan kualitas SEO website dan mungkin bisa mendapat peringkat  di google.

Itulah ulasan Mengenal Fitur dan Manfaat Linkedin. Sebagai kesimpulan, intinya linkedin ini adalah sebuah jejaring sosial untuk membuat hubungan antar para perusahaan, pekerja, pencari kerja, dll. Sebagai akhir kata, saya sarankan kalian untuk selalu gunakan jejaring sosial media dengan bijak.

0 komentar

Posting Komentar

Berkomentarlah yang Relevan/ Sesuai dengan Topik yang Dibahas, Terimakasih.