Kamis, 27 Juli 2017

Jenis - Jenis Jaringan Komputer dan Fungsinya

Jenis Jenis Jaringan Komputer dan Fungsi - Jaringan Komputer adalah jaringan yang digunakan untuk menghubungkan antara komputer satu dengan komputer yang lainnya dalam sebuah lingkup teknologi. Dengan kata lain, kita bisa berbagi data, aplikasi, ataupun perangkat lunak komputer ( Software ). Jaringan komputer juga dapat diartikan sebagai kumpulan beberapa terminal komunikasi yang terdiri dari dua komputer atau lebih yang saling terhubung satu sama lain.

Jenis Jenis Jaringan Komputer dan Fungsinya

Tujuan dibuatnya jaringan komputer adalah tak lain supaya data/ informasi yang dikirim oleh pengirim bisa sampai di si penerima dengan tepat. Dengan menggunakan jaringan komputer, memungkinkan untuk melakukan komunikasi antara komputer satu dengan yang lainnya dengan mudah. Contohnya seperti berkomunikasi melalui surat elektronik/ e-mail, mengirim data atau mengambil data dari komputer lain, dan masih banyak lagi.
Jenis - Jenis Jaringan Komputer : 

Jaringan komputer terbagi menjadi beberapa jenis antara lain :

Jenis jaringan komputer berdasarkan Jangkauannya.
  • LAN ( Local Area Network ) Jaringan komputer yang jangkauannya sempit. Contohnya jaringan komputer yang terdapat pada sekolah, kantor, universitas, dan area lain yang tidak terlalu besar.
  • MAN ( Metropolitan Area Network ) Jaringan komputer yang dapat menjangkau suatu kota., kurang lebih jangkauan jaringan MAN mencapai 10 - 50 Km. Bisa dikatakan jaringan MAN adalah sekumpulan atau gabungan dari beberapa jaringan LAN. Jaringan ini biasanya digunakan untuk komunikasi perusahaan, sekolah atau lainnya yang ada di dalam suatu kota.
  • WAN ( Wide Area Network ) Jaringan komputer yang jangkauannya cukup luas, bisa menghubungkan antar negara bahkan benua. Jaringan ini umumnya digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih jaringan lokal, sehingga pengguna dapat berkomunikasi dengan pengguna lain walaupun berada di lokasi yang berbeda.
  • Internet ( Interconnected Network ) Jaringan yang jangkauannya tanpa batas, mencakup seluruh dunia.
Jenis jaringan komputer berdasarkan Topologi yang digunakan.

Topologi Jaringan adalah struktur atau bentuk suatu jaringan antara komputer satu dengan yang lain. Macam macam topologi jaringan antara lain : Topologi Ring, Topologi Mesh, Topologi Tree, Topologi Star, dan Topologi Bus. Untuk lebih jelasnya mengenai macam- macam topologi jaringan, kalian bisa membacanya di salah satu artikel blog ini.


Jenis jaringan komputer berdasarkan fungsi setiap komputer dalam memproses data.
  • Jaringan Client-Server, Biasanya jaringan ini terdari dari satu komputer server dan beberapa komputer client. Komputer server berfungsi untuk mengatur dan menyediakan sumber daya, sedangkan komputer client hanya bisa menggunakan sumber daya tersebut.
  • Jaringan Peer to peer, Pada jaringan ini tidak ada komputer server ataupun client. Semuanya berperan sama, dengan kata lain semua komputer pada jaringan peer ro peer bisa jadi server maupun client.
Jaringan Komputer berdasarkan alat pengirim ( media transmisi )
  • Wired Network atau Jaringan Komputer yang menggunakan kabel untuk melakukan pertukaran data sumber daya antar komputer.
  • Wireless Network atau Jaringan Komputer yang memungkinkan untuk melakukan pertukaran data sumber daya antar komputer tanpa menggunakan kabel.

Fungsi Jaringan Komputer : 
  • Dengan adanya Jaringan komputer, memungkinkan untuk berbagi resource ( sumber daya ) termasuk informasi data penting ke komputer lain dengan lebih cepat dan efisien.
  • Untuk memudahkan komunikasi antar sesama pengguna komputer.
  • Untuk memudahkan mengakses berita dan informasi penting dengan cepat.
  • Karena Jaringan komputer, kita bisa mengirim data berupa tulisan, gambar, suara, ataupun video secara langsung atau real time.
  • Untuk mempermudah dalam penggunaan komputer.
  • dll.
Demikianlah artikel pembahasan mengenai Jenis Jenis Jaringan Komputer dan Fungsi. semoga bisa bermanfaat bagi kalian, dan bila ada yang ingin ditanyakan tulis saja di kolom komentar. Akhir kata saya mengucapkan Terimakasih.


3 komentar

  1. terimakasih informasinya... ijin share juga gan jangan lupa kunjungi
    http://idblackwalet.com/

    BalasHapus
  2. jadi tau, ternyata banyak jenis jaringan komputer itu

    BalasHapus

Berkomentarlah yang Relevan/ Sesuai dengan Topik yang Dibahas, Terimakasih.
EmoticonEmoticon