Minggu, 07 Mei 2017

Pengertian Jaringan Peer to Peer, Kelebihan dan Kekurangan

Apa itu jaringan Peer to Peer? Peer to Peer adalah suatu teknologi sharing ( pemakaian bersama ), resource, dan service antara satu komputer dengan komputer yang lain. Sistem jaringan ini mengutamakan penggunaan data, program dan printer secara bersama. Contoh : Komputer A bisa menggunakan program yang ada pada komputer B, begitupun sebaliknya.

Pengertian Jaringan Peer to Peer, Kelebihan dan Kekurangan
Jaringan Peer to Peer.
Dalam jaringan ini, tidak ada komputer yang berperan sebagai pusat ( server ) setiap komputer yang ada dalam jaringan peer to peer bisa berfungsi sebagai client sekaligus sebagai server, sehingga memungkinkan untuk komunikasi dan pertukaran resource ( sumber ) antara dua komputer di waktu yang sama secara langsung ( real time ). Jaringan ini cocuk digunakan untuk jaringan berkapasitas kecil.

Kelebihan dan Kekurangan Jaringan Peer to peer

Kelebihan : 

  • Biaya pemasangan yang relatif murah dibandingkan dengan jaringan komputer lain, karena tidak mebutuhkam komputer pusat ( server ) dengan spesifikasi yang tinggi untuk melayani client.
  • Komputer yang terhubung jaringan peer to peer bisa saling berbagi data, program, ataupun fasilitas yang dimiliki oleh semua komputer.
  • Kelangsungan kinerja tidak bergantung pada satu komputer server, karena semua komputer bisa bertindak sebagai server maupun client. Sehingga apabila salah satu komputer mengalami kerusakan, maka komputer yang lain tidak akan terpengaruh olehnya.
Kekurangan : 

  • Sistem keamanan yang rendah, dikarenakan keamanan dalam jaringan peer to peer ditentukan oleh user setiap komputer.
  • Proses Troubleshooting jaringan lebih sulit, karena di dalam jaringan ini semua komputer terlibat dalam sistem komunikasi jaringan.
  • Administrasi menjadi tidak terkontrol apabila jaringan ini digunakan untuk skala yang besar. 

Demikianlah artikel mengenai Pengertian Jaringan Peer to Peer, Kelebihan dan kekurangan . Silahkan bertanya apabila ada hal yang ingin ditanyakan sob!. Oke, Semoga bisa bermanfaat, dan Terimakasih telah berkunjung.

0 komentar

Posting Komentar

Berkomentarlah yang Relevan/ Sesuai dengan Topik yang Dibahas, Terimakasih.