Kamis, 25 Mei 2017

Cara Ping Google dengan CMD supaya koneksi Internet Stabil

Masih tentang cmd, Pada tulisan artikel kali ini saya akan berbagi dengan kalian Cara Ping Google dengan CMD supaya koneksi Internet Stabil. Sebelumnya kalian perlu ketahui tentang ping dan apa gunanya. Ping adalah kependekan dari Packet Internet Gopher yang berfungsi untuk mengetes terhubung atau tidaknya koneksi internet, namun ping juga berfungsi supaya koneksi internet tetap terhubung/ aktif. Jadi, jika kalian ingin koneksi internet stabil, mungkin dengan ping akan membantu.

Cara Ping Google dengan CMD.

1. Buka Command Prompt/ CMD : Start >> All Programs >> Accessories >> Command Promt atau supaya lebih cepat ketik saja cmd di kotak “ Search Program and Files “.

2. Setelah masuk/ membuka cmd, silahkan ketik perintah ping google.com –t lalu tekan enter. 

3. Jika hasil yang keluar request time out berarti komputer/ laptop yang kamu ping tidak merspon permintaan koneksi alias koneksi terputus/ gagal. 

4. Namun kalau yang tampil reply from ... maka komputer berhasil mersepon permintaan ping dan kamu sedang terhubung internet. Lihat Gambar! 

Cara Ping Google dengan CMD supaya koneksi Internet Stabil

Keterangan : 

*Ping 172.217.26.78 bytes=32 : berarti kita melakukan ping ke IP 172.217.26.78 dengan 32 bytes data. 

* Data yang dikirimkan 32 bytes dikarenakan itu adalah ukuran buffer default windows. atau jika kamu ingin mengatur ukuran data yang dikirim, kamu bisa menambahkan perintah -l "jumlah bytes" pada ping google. contoh dibawah ini ping google.com -t -l 10

Cara Ping Google dengan CMD supaya koneksi Internet Stabil

*Time : Semakin kecil nilai time, semakin bagus pula kualitas koneksi internet. 

*TTL ( Time To Live ) : waktu maksimum dari komputer saat mereply paket ICMP. 

Catatan : Saya sarankan untuk tidak menutup proses ping supaya koneksi internet anda tetap stabil, namun jika kalian sudah tidak membutuhkannya tekan saja CTRL + C untuk mengakhiri proses ping. 


Nah, itulah artikel tutorial tentang Cara Ping Google dengan CMD supaya koneksi Internet Stabil. Oke, sekian dari saya, semoga bermanfaat, jangan segan untuk mampir dan berbagi ilmu disini share juga artikel ini dengan teman-teman kalian.

1 komentar

Berkomentarlah yang Relevan/ Sesuai dengan Topik yang Dibahas, Terimakasih.
EmoticonEmoticon