Sabtu, 01 April 2017

Cara Kompres File Supaya ukuran menjadi lebih kecil

Ketika kalian sedang mengcopy atau mengupload file ke internet kalian pasti akan repot jika ukuran file tersebut sangat besar. Apalagi ika kita melakukan upload file, waduh! pastinya jika ukuran filenya besar, maka akan memakan kuota yang banyak pula. Nah, saya ada solusi dari permasalah tersebut, caranya yaitu dengan Kompres File supaya ukuran file menjadi lebih kecil.

Dengan Kompres file, akan membuat ukuran file tersebut menjadi lebih kecil bahkan bisa sampai setengah ukuran file semula. Kali ini saya akan berbagi cara kompres file menjadi lebih kecil menggunakan WinRAR. Dengan menggunakan software ini kita bisa mengompres ukuran file menjadi lebih kecil.

Saya pilih WinRAR karena mempunyai kemampuan dapat mengkompres file menjadi 2 format, RAR dan ZIP. Ketika mengompress file dengan software ini filenya tidak mudah corrupt, dan masih banyak lagi kelebihan WinRAR.

Baik langsung saja, berikut Cara Kompres File Supaya ukuran menjadi lebih kecil menggunakan software WinRAR :

1. Pilih file yang akan kalian kompres.
2. Klik kanan file, lalu pilih "add to archive"
3. Atur setting menjadi seperti gambar berikut!

Cara Kompres File Supaya ukuran menjadi lebih kecil

4. Setelah itu pilih menu advanced, lalu pilih compression lalu akan masuk ke advanced compression parameters dan ubah setting menjadi seperti gambar dibawah!

Cara Kompres File Supaya ukuran menjadi lebih kecil

5. Klik ok, dan tunggu hingga proses kompress selesai.

Setelah file dikompres, ukurannya akan lebih kevil dari ukuran semula, tetapi tidak semua file bisa dikompres dengan baik. File yang formatnya 3gp, avi, mkv dan lain sebagainya. tidak bisa dikompres dengan baik oleh WinRAR, sehingga memungkinkan adanya masalah saat mengompres file.


Mungkin cukup sekian artikel tentang Cara Kompres File Supaya ukuran menjadi lebih kecil, silahkan bisa kalian praktekkan sendiri dan jika ada pertanyaan, silahkan bertanya di kolom komentar. Terimakasih,semoga artikel ini bermanfaat.

1 komentar

  1. Nah ini yang saya cari gan . Selaim aman kompress file juga memperkecil ukuran juga ya

    BalasHapus

Berkomentarlah yang Relevan/ Sesuai dengan Topik yang Dibahas, Terimakasih.
EmoticonEmoticon