Selasa, 28 Februari 2017

Cara Membuat Kinerja Komputer Cepat dan Lancar

Pasti kalian tidak nyaman jika komputer kinerjanya lambat bin lemot. Kinerja komputer akan lambat biasanya dikarenakan hardware komputer penuh, selain itu virus komputer juga bisa menjadi penyebab melambatnya kerja komputer anda.

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi dengan teman-teman tentang Cara Membuat Kinerja Komputer/ PC Cepat dan Lancar. Apa sajakah langkah-langkah yang harus dilakukan? berikut ulasannya.

Cara Membuat Kinerja Komputer Cepat dan Lancar

1. Uninstall Program atau Aplikasi yang tidak penting


Kinerja komputer akan semakin lambat jika banyak program/ aplikasi yang terinstall, apalagi kalau program yang terinstall yang mempunyai ukuran file yang besar. Program yang terinstall akan memakan cukup banyak memori, Itulah yang membuat PC menjadi lemot. Jadi sebaiknya uninstall program/ aplikasi yang dianggap tidak terlalu penting atau jarang digunakan.

2. Tambahkan atau Upgrade RAM Komputer


Sebaikanya tambahlah RAM komputer jika kamu memiliki uang lebih untuk menambah/ mengupgrade RAM. Karena dengan menambah/ Upgrade RAM komputer, akan membuat kinerja komputer kamu lebih cepat dan tidak mudah lemot.
 

3. Bersihkan File Sampah secara teratur


Bersihkan file sampah atau cache,kosongkan recycle bin, clean up browser, clean registry, temporary file. yang penting yang perlu dibersihkan adalah junk file (file sampah) karena file tersebut dapat membuat kinerja PC menjadi lambat. Sesegera dan seteratur mungkin membersihkan komputer dari file tersebut supaya komputer tidak lemot. 

4. Jangan simpan file di Local disk C


Pada umumnya semua hasil file yang kita download otomatis akan masuk ke Local disk C, inilah yang membuat komputer/PC menjadi lemot. Tetapi kita dapat mengaturnya agar browser/ IDM pada saat mendownload secara otomatis tersimpan di Hardisk D atau yang lainnya. 

5. Jangan gunakan Widget desktop yang tidak perlu


Widget desktop seperti jam adalah sesuatu yang tidak perlu digunakan adapun memakai tema berat pada komputer juga dapat memnyebabkan kinerja komputer melambat. Jadi hilangkanlah widget, gunakan tema klasik yang tidak terlalu berat agar komputer bisa bekerja dengan cepat dan lancar.

6. Install ulang komputer


Jika cara-cara di atas masih belum membuat komputer kamu cepat dan lancar, sebaiknya gunakan cara terakhir yaitu install ulang komputer. Karena dengan install ulang komputer akan membuat komputer kamu seperti baru dan sekaligus menghapus virus yang menjadi penyebab melambatnya komputer kamu.

Demikianlah beberapa cara agar komputer kamu menjadi lebih cepat dan lancar. Mungkin hanya itu saja, semoga bermanfaat.

4 komentar

  1. hahaha.. tips nomer 6 paling ampuh gan, ane sering gunain, meskipun udah unistall yang ga guna, bersihin sampah teratur :v paling ampuh lagi kalo beli baru. hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau soal beli baru sopasti paling ampuh gan. itupun kalau banyak duit, ehehe :)

      Hapus
  2. mantap nih, saya harus banyak2 unsinstall app yg gak penting2 nih hehe :D

    BalasHapus
  3. nomor 6 tuh yang kadang bikin males...
    hihi...

    BalasHapus

Berkomentarlah yang Relevan/ Sesuai dengan Topik yang Dibahas, Terimakasih.
EmoticonEmoticon