Kamis, 02 Maret 2017

10 Tombol Shortcut pada Keyboard yang wajib diketahui

Pada kesempatan kali ini saya akan membocorkan 10 Tombol Shortcut Keyboard yang wajib diketahui. Fungsi dari tombol shortcut keyboard tidak lain adalah untuk mempermudah pekerjaan. Dengan menggunakan tombol shortcut pada keyboard komputer akan membuat kamu lebih mudah dalam menggunakan komputer.

Contoh salah satu tombol shortcut keyboard yang sering kita gunakan adalah CTRL + (S)Save yang berfungsi untuk menyimpan file suatu dokumen. Jadi, dengan menggunakan shortcut tersebut, kita tidak perlu repot-repot menggunakan mouse untuk mengarahkan pointer ke ikon save, cukup gunakan tombol CTRL + Save file atau dokumen kamu akan tersimpan dengan sendirinya.
 
Selain tombol shortcut diatas, ada juga 10 Tombol Shortcut pada Keyboard yang wajib diketahui oleh para pengguna komputer. Apasajakah tombol shortcut tersebut?

1. Tombol CTRL + C/ CTRL + Insert dan CTRL + X

Tombol CTRL +C / CTRL + Insert berfungsi untuk menyalin teks atau item yang dipilih. Sedangkan tombol CTRL + X berfungsi untuk memotong teks/ item.

Pada komputer apple, penggunaan tombol CTRL diganti dengan menggunakan Command key (Cmd).
sebagai contoh, kamu bisa menyalin teks di komputer apple menggunakan tombol Cmd + C.

2. Tombol CTRL + V atau shift + insert

Tombol diatas berfungsi untuk menyisipkan/ menampilkan teks atau objek yang tersimpan pada clipboard atau yang sudah kamu copy

Jika kamu menggunakan komputer apple, gunakan tombol Cmd + V

Latihan 
Gunakan tombol CTRL + C atau CTRL + X untuk copy teks diatas lalu kalian salin teks tersebut di kolom bawah dengan menggunakan CTRL + V.

3. Tombol CTRL + Z dan CTRL Y

Tombol CTRL + Z berfungsi untuk undo atau membatalkan perintah. Sedangkan tombol CTRL + Y berfungsi untuk membatalkan undo atau bisa dikenal dengan redo.

Pada komputer Apple gunakan Cmd + Z untuk undo dan Cmd + Y untuk redo.

Latihan

Potong dengan CTRL + X atau hapus teks diatas, lalu gunakan tombol CTRL + Z untuk undo atau mengembalikan teks yang telah  kamu potong/hapus. Jika kalian ingin membatalkan undo, tekan CTRL + Y untuk redo.

4. Tombol CTRL + F

Dengan menekan tombol CTRL + F, akan membuka kotak pencarian untuk mencari atau menemukan (Find) Kata. Contoh : kamu membuka sebuah artikel berjudul "10 Tombol Shortcut pada Keyboard yang wajib diketahui" lalu tekan tombol CTRL + F, akan muncul kotak untuk mencari. Lalu, pada kotak tersebut kamu mencari kata " diketahui " maka dengan sendirinya tulisan diketahui akan ditemukan.

Lihat Gambar dibawah untuk lebih jelas :

10 Tombol Shortcut pada Keyboard yang wajib diketahui


  • Pada gambar diatas saya mencari kata " Komputer "
Pada Komputer Apple gunakan Cmd + F untuk temukan.

5. Tombol CTRL + S

Tombol di atas mempunyai fungsi yaitu untuk menyimpan file atau dokumen yang telah kita buat. Dengan menggunakan tombol shortcut ini akan membuat pekerjaanmu lebih cepat dan efisien.

Untuk Apple gunakan Cmd + S

6. Tombol CTRL + P

Tombol CTRL + P berfungsi untuk membuka Print Preview. Contoh ketika kita memakai microsoft word, lalu ingin melihat hasil print sebelum dicetak oleh mesin Printer. kita bisa menggunakan tombol CTRL + P untuk melihat Print Preview.

Untuk Komputer Apple gunakan Cmd + P untuk membuka Print Preview.

7. CTRL + Home dan CTRL + End

Tombol shortcut CTRL + Home berfungsi untuk menggerakan kursor ke bagian atas/ awal dokumen. Sedangkan tombol CTRL + End berfungsi menggerakan kursor ke bagian bawah/ akhir dokumen.

Pada komputer Apple, gunakan tombol Cmd + arah panah atas untuk menggerakan kursor ke atas/awal dokumen. Cmd + arah panah bawah menggerakkan kursor ke bawah/ akhir dokumen.

8. CTRL + Backspace dan CTRL + panah kiri / kanan.

CTRL + Backspace berfungsi menghapus 1 kata pada satu kalimat. dan tombol CTRL + panah kiri/ kanan berfungsi untuk memindahkan kursor satu kata kekiri ataupun kekanan tergantung arah panah.

Latihan

9. ALT + Tab atau CTRL + Tab

Menekan Alt + Tab berfungsi untuk beralih di antara program yang terbuka. Misalnya, jika Anda memiliki jendela browser kamu terbuka dan ada program lain yang berjalan di tekan latar belakang. Dengan menekan Alt dan kemudian tekan tombol tab untuk siklus/ berganti melalui setiap program yang terbuka.

10. Spacebar, Page up dan Page down

Menekan salah satu tombol page down up atau page down akan pindah ke halaman berikutnya atau sebelumnya. Ketika browsing internet, menekan spasi akan menggerakkan scrollbar ke bawah halaman. Demikian pula, Shift + spasi menggerakkan scrollbar sampai satu halaman.

Demikianlah artikel mengenai 10 Tombol Shortcut pada Keyboard yang wajib diketahui. Kamu belum dikatakan pengguna komputer sejati jika masih belum tahu tombol-tombol shortcut diatas. Sekian, semoga bermanfaat!

6 komentar

  1. Wess keren nih info... tambah ilmu baru biar makin cepat kerja di laptop...

    BalasHapus
  2. hampir semua ane pegang gan, hehehe makasih ganinfo nya menarik

    BalasHapus
  3. mantap banyak yang belum ane tahu
    pas buat buat referensi

    BalasHapus
  4. wahh makasih banget bro, ada banyak yang baru saya tau dari sini nih :D

    BalasHapus
  5. sangat penting ini. apalagi pemula kayak saya

    BalasHapus
  6. terima kasih gan ini informasi yang bermanfaat...

    BalasHapus

Berkomentarlah yang Relevan/ Sesuai dengan Topik yang Dibahas, Terimakasih.
EmoticonEmoticon